Blog Details

MANFAAT IKAN GABUS

Tahukah Anda Manfaat Ikan Gabus (Channa striata) ?

       Bagi penderita diabetes mellitus, nutrisi memiliki peran yang sangat penting dalam menstabilkan kadar gula darah dan proses penyembuhan luka diabetes. Selain karbohidrat, vitamin dan mineral, juga dibutuhkan sumber protein tinggi yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Protein dapat diperoleh melalui sumber hewani dan nabati. Salah satu sumber protein hewani adalah ikan. Meski banyak ikan yang mengandung protein, tetapi ikan gabus dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,2%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).

       Ikan gabus (Channa striata) memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan dan antidiabetes. Protein ikan gabus yang mampu berperan dalam menghambat enzim α-glukosidase pemecahan karbohidrat menjadi glukosa. Penghambatan aktivitas enzim α-glukosidase pada penderita DM sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah, terutama setelah makan. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penurunan metabolisme karbohidrat menjadi glukosa oleh enzim α-glukosidase, sehingga dengan sendirinya akan menurunkan kadar glukosa dalam darah yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus.

       Salah satu yang terkandung dalam protein adalah albumin yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Albumin memiliki keunikan, yaitu mampu merangsang proliferasi sel sehingga sel-sel yang telah mati dapat digantikan atau teregenerasi oleh sel-sel dan jaringan yang baru. 

       Bagian yang paling baik dikonsumsi pada ikan gabus yaitu bagian daging karena mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan bagian kepala, kulit, isi perut, sisik, dan tulang.